Berbagai Mineral Penyelamat Jantung

Jika Anda mempunyai penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh-pembuluh darah) atau yang berisiko terhadap penyakit itu, Anda mungkin disarankan untuk mengkonsumsi banyak mineral yang dapat diperoleh dalam multivitamin atau mineral harian. Mineral tersebut antara lain :

Magnesium

  • Kita kadangkala didera stres akibat pekerjaan ataupun masalah yang sedang kita hadapi. Stres inilah yang bisa menyebabkan kebutuhan magnesium kita berkurang. Jika jumlah yang kita miliki tidak mencukupi, reaksi kita terhadap stres meningkat. Stres kronik dan kekurangan magnesium inilah yang menyebabkan jiwa kita terancam karena magnesium terlibat dalam sekitar 300 aktivitas enzim yang berbeda di dalam tubuh kita. Sehingga muncullah kondisi yang tidak baik seperti tekanan darah tinggi, denyut jantung menjadi tidak teratur, dan jantung berdebar-debar.
  • Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa magnesium adalah mineral nomor satu untuk kesehatan jantung. Dan hal itu juga dibuktikan dengan penelitian-penelitian yang menemukan hubungan antara kekurangan magnesium dengan serangan jantung dan maslah-masalah kardiovaskular. Dengan bertambahnya magnesium dapat secara cepat terlihat adanya perbaikan yang nyata dalam hipertensi, arrhytmias dan jantung berdebar.
  • Hal ini karena magnesium dapat melebarkan dan merilekskan pembuluh-pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Mineral ini juga membantu mengencerkan darah, mencegah pembentukan platelet. Banyak dokter yang menggunakan magnesium secara intravenous (lewat pembuluh darah) untuk serangan jantung akut. Bila diberikan lebih awal, bisa menyelamatkan nyawa penderita jantung.Orang-orang yang menderita gagal jantung sering kali kekurangan magnesium, sekaligus kekurangan energi. Dengan magnesium dapat meningkatkan energi sekaligus menguatkan jantung mereka.

Potassium

  • Potassium diperlukan agar fungsi jantung normal, dapat meningkatkan denyut jantung yang tepat dan membantu mengendalikan tekanan darah. Kadar potassium rendah bisa disebabkan penggunaan obat-obat diuretik untuk tekanan darah tinggi dan congestive heart failure (CHF) atau gagal jantung yang ditandai dengan sesak napas serta retensi natrium dan kalium abnormal. Kadar potassium rendah bisa menyebabkan kematian mendadak, dan arrhytmia parah.
  • Potassium dapat banyak kita jumpai dalam makanan tetapi banyak orang yang kekurangan terutama orang-orang yang memakai diuretik. Misalnya saja pada kaum wanita yang menggunakan diuretik disaat kembung menjelang premenstruasi atau ketika berusaha menurunkan berat badan.  Dalam proses ini kemungkinan bisa membahayakan kesehatan. Sumber utama potassium adalah buah-buahan dan sayuran. 

Kalsium

  • Hasil penelitian medis menunjukkan hubungan yang kuat antara intake kalsium dan tekanan darah yang sehat. Tekanan darah yang tinggi merupakan masalah multifaktor. Dan kalsium dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang sensitif terhadap intake garam.

Chromium

  • Chromium adalah mineral yang diperlukan dalam jumlah yang kecil untuk mengatur gula darah. Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa ada hubungan antara kadar chromium rendah dan peningkatan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.
  • Kelebihan gula darah dapat menyebabkan penuaan datang lebih cepat akibat rusaknya membran-membran sel dan meningkatkan pelepasan insulin  yang berlebihan. Dan  dengan adanya peningkatan insulin tidak hanya berdampak timbulnya diabetes tetapi juga dapat menimbulkan penyakit jantung.

Silicon, Mineral Jantung

  • Para ahli yang melakukan penelitian tentang silicon bisa dijadikan suplemen menduga bahwa Silicon, bahan dalam chip komputer, bisa memberikan perlindungan terhadap arthritis, osteoporosis dan kerusakan pembuluh-pembuluh darah.
  • Silicon adalah mineral penting yang membantu jaringan-jaringan pengikat di dalam pembuluh darah, tulang-tulang, tulang rawan, dan kulit. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa silikon bisa melindungi arteri dari pembentukan plak-plak. Kadar silikon tubuh menurun sejalan dengan pertambahan usia, kendati dokter umumnya tidak memperhatikan kekurangan ini.
  • Padi-padian, buah-buahan dan sayuran (terutama akar) merupakan sumber yang kaya silikon dalam makanan. Tapi mineral ini juga tidak bisa terserap baik dari sumber-sumber ini dan pemrosesan bisa menghilangkan semuanya.

Selenium

  • Selenium berperan penting dalam mencegah penyakit kanker. Kendati penelitiannya masih terbatas, bukti-bukti ilmiah terbaru menunjukkan selenium dapat meniadakan perkembangan penyakit kardiovaskular. Caranya dengan berperan sebagai bahan baku penting untuk glutathione peroxidase, suatu scavenger atau pemangsa radikal bebas yang hebat, yang dapat membantu mencegah terbentuknya plak-plak arteri. Selain itu selenium juga bisa membantu meningkatkan HDL, kadar kolesterol baik.
Sumber: Tabloid Aura

Uji Laboratorium Independent, melihat isi Kandungan ViaViente hanya 25ml (2 sendok makan saja )Klik di Sini

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | ViaViente Indonesia Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building